Dukung Asian Games, PPKK Bangun Jalur Khusus Sepeda dan Perbaikan Pedestrian di Kemayoran

05 September 2017

Jakarta Review – Menjelang perhelatan Asian Games Pusat Pengelola Kawasan Kemayoran (PPKK) akan merevitalisasi hutan kota Kemayoran dan fasilitas pendukung berupa perbaikan akses pergerakan dari wisma atlet menuju hutan kota.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan PPKK Riski Renando mengatakan selain merevitalisasi Hutan Kota, kami memang akan membangun jalur khusus sepeda dan pedestrian yang nyaman yang bisa menghubungkan wisma atlet yang ada di kawasan utara dan selatan Bandar Udara Kemayoran.

“Pembangunan jalur pedestrian dan jalur khusus sepeda dilakukan untuk memudahkan akses pergerakan atlet yang akan menginap di wisma atlet yang berada di kawasan utara dan selatan. Tentu yang di jalur timur  dan barat kita perbaiki juga,” ujar Riski kepada Jakarta Review  beberapa waktu yang lalu.

Ia menjelaskan saat ini tahapan perencanaan pembangunannya sudah sangat matang. Jadi begitu dananya cair, pembangunannya akan segera dieksekusi.

“Kita ingin proyek pembangunannya bisa dieksekusi tahun ini juga. Prinsipnya saat pelaksanaan Asian Games kawasan Bandar Udara Kemayoran makin nyaman dan tertata karena sudah ada jalur pedestrian yang bagus dan jalur khusus sepeda juga,” kata Riski.

Nantinya lanjut Riski, untuk melengkapi jalur khusus sepeda tersebut, pihaknya juga sedang menyiapkan program penyewaan sepeda. Ini mirip seperti program penyewaan sepeda yang kini sedang dalam tahap uji coba di Bandung selama 2 bulan. Kami sudah kontak kosultannya mengenai hasil ujicoba tersebut dan kemungkinan kendala-kendala yang akan ditemukan di lapangan.

“Kawasan Bandar Udara Kemayoran ini adalah daerah terbuka, nanti kalau sepedanya hilang bagaimana, apakah nanti sepdanya perlu dikasih GPS dan seterusnya. Kajiannya kurang lebih seperti itu. Tapi kami bertekad jangan sampai karena problem-problem tersebutu rencana ini jadi nggak kesampaian. Ya kita cari lah solusinya,” tandas Riski. (win)

(Jakrev.com)