Mengantisipasi Kepadatan Lalu Lintas, Kembali Diadakan Sosialisasi Perluasan Pintu Tol pada Warga

13 April 2018

Menghadapi adanya acara kompetisi olahraga di tahun 2018, Asian Games dan Asian Para Games 2018, yang dilaksanakan di GBK dan JI Expo Kemayoran Jakarta, secara tidak langsung akan berpengaruh pada kepadatan lalu lintas khususnya di kawasan Kemayoran. Wisma Atlet Kemayoran sebagai tempat menginap ribuan atlet akan menambah volume mobilitas kendaraan yang melintasi jalan tol Kemayoran sehingga menjadi semakin padat. Hal inilah yang menjadi pertimbangan PPK Kemayoran untuk menambah unit Gardu Tol (GT) Kemayoran.

Untuk mendukung pembangunan unit GT tersebut, PPK Kemayoran bersama pihak kontraktor serta pihak-pihak yang terlibat melakukan sosialisasi kepada warga yang terkena dampak perluasan pintu tol. Melalui rapat mengenai sosialisasi perluasan pintu tol Kemayoran di Kelurahan Pademangan Timur (13/04) yang dihadiri oleh PPK Kemayoran, pihak CMNP, pihak kontraktor serta warga Pademangan Timur membahas mengenai pembangunan proyek perluasan tol agar dicapai kesepakatan akhir.

Pihak CMNP (Citra Marga Nusaphala Persada) bersama PT. Girder Kontraktor sebagai pelaksana pengerjaan proyek perluasan pintu tol akan memberikan uang kerohiman atau biaya pembongkaran sebesar dua juta rupiah bagi rumah warga yang terkena dampak perluasan pintu tol Kemayoran. Jumlah rumah warga di Pademangan Timur yang terkena dampak perluasan pintu tol untuk sebagian dibongkar sebanyak 18 rumah terdiri RT 04 sebanyak 13 rumah dan RT 07 sebanyak 5 rumah dan diberikan jangka waktu satu minggu untuk pembongkaran.

Selain itu, dibahas pula hal mengenai pembenahan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang akan digeser dari tempatnya semula. Pihak Dinas Kebersihan menginginkan bangunan bank sampah di sebelah barat TPS dibangun tembok permanen agar lebih rapi dan disetujui oleh pihak kontraktor. Untuk selanjutnya, akan bersama-sama meninjau ke lokasi guna melakukan pemetaan bentuk TPS yang akan diperbaiki

PPK Kemayoran selaku pengelola kawasan melakukan koordinasi dengan pihak terkait diantaranya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perhubungan Jakarta Utara dan kecamatan serta kelurahan untuk memastikan penyelesaian pembangunan GT Kemayoran tepat waktu.

Pembangunan serta pembenahan tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan serta usaha untuk menyukseskan perhelatan Asian Games dan Asian Para Games 2018. Harapannya dengan partisipasi aktif yang dilakukan semua hal dapat berjalan lancar dan bisa mencapai prestasi terbaik.