SEKRETARIAT NEGARA RI
Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran
Rabu, 07 September 2011 - 15:05:07 WIB
Pintu Gerbang Kemayoran Belum Bisa Dibangun

Pintu Gerbang Kemayoran yang sudah direncanakan sejak tahun 2007 hingga kini belum bisa dipastikan kapan akan mulai dibangun. Bahkan gambar rencana pembangunannya belum mendapat persetujuan dari Direktur Utama PPKK Hendardji Soepandji.

Rabu (7 September) pimpinan PT Nikona selaku konsultan perencanaan pembangunan pintu gerbang tersebut menyampaikan paparan khususnya meyangkut landscpae (penataan ruang hijau) di sekitar bangunan tersebut, tapi langsung mendapat komentar negatif dari Dirut PPKK.

"Konsep landscape ini tidak membangkitkan selera orang, tidak memberi kesan sejuk dan nyaman, tidak branded, level kotamadya," kata Hendardji. Karena itu ia minta kepada PT Nikona agar segera melakukan perbaikan dan segera pula membuat paparan ulang.

Kepada direksi PPKK, khususnya Direktur Perencanaan dan Pembangunan Sulistyo Wicaksono, yang juga hadir dalam pertemuan itu, Hendardji mendesak agar proses perencanaan dan pembangunan pintu gerbang tersebut segera dimatangkan. "November nanti kinerja Direktorat PP harus sudah mencapai 70%," tambahnya.

Rancang bangun pintu gerbang Kemayoran sudah disayembarakan sejak 2007 ketika PPKK (dulu DP3K) masih dipimpin Semeru Soekarno. Sayembara dimenangi oleh arsitek Ridwan Kamil, yang katanya terinspirasi oleh Menara Kembar di New York.

 Tetapi sejak pemenang sayembara desain itu ditetapkan tidak ada tindak lanjut khususnya menyangkut rencana pembangunannya, sampai Semeru diganti oleh Djadjuk Natsir (2008) dan kemudian ia pun diganti oleh Hendardji (2010)..

Menurut rencana awal, pintu gerbang tersebut akan dibangun di empat penjuru Kemayoran dengan ukuran yang berbeda-beda. Pintu gerbang utama dengan ketinggian sampai 40 meter direncanakan akan dibangun di sisi utara, menghadap ke arah jalan tol dan pantai Ancol.

Biaya pembangunan pintu-pintu gerbang tersebut cukup besar, lebih dari Rp 40 milyar. Karena itu, menurut Direktur PP PPKK Sulistyo, nantinya akan dicarikan sponsor agar beban pencarian dananya tidak ditanggung oleh PPKK sendiri.


Diposting oleh : cupi
Kategori: Bandar Kemayoran - Dibaca: 818 kali


 

 

 

  FAQ | Links | Hubungi Kami |
  ©2012. PUSAT PENGELOLAAN KOMPLEK KEMAYORAN

Supported: